Definisi Flash Lite


Adobe Flash Lite adalah versi ringan dari Adobe Flash Player, aplikasi software yang diterbitkan oleh Adobe Systems. Versi ini ditujukan untuk ponsel dan non-ponsel lainnya, seperti perangkat elektronik portabel Chumby dan iRiver, dan memungkinkan pengguna perangkat untuk melihat konten multimedia


dan aplikasi yang dikembangkan menggunakan Adobe Flash tool, yang sebelumnya telah tersedia hanya pada komputer pribadi.

File aplikasi Flash secara umum baik dikomputer desktop, laptop maupun di handphone memiliki ekstensi SWF. Bedanya untuk di handphone ukurannya dirancang lebih kecil, dan lebih primitif. Jika dikomputer desktop atau laptop disebut Flash Player, maka di handphone disebut dengan flash lite player. Karena Flash Player di Desktop atau di laptop itu semakin jauh, maju, modern, dan canggih dibandingkan dengan flash lite player di handphoneaplikasi flash lite player dapat dijalankan dan digunakan di desktop atau laptop manapun juga, namun sebaliknya aplikasi flash player didesktop atau laptop tidak bisa dijalankan atau digunakan di dalam handphone

Flash Lite adalah semacam aplikasi built in yang bisa menjalankan sebuah content berbasis flash pada ponsel (contoh: .swf). Kalau pada komputer kita jumpai yang namanya Flash Player, nah pada ponsel ada Flash Lite buatan Adobe ini.

Dalam perkembangannya, Flash Lite ini menjadi basis baru untuk aplikasi dan game pada ponsel. Sudah banyak game maupun aplikasi yang dibuat dengan format flash yang bisa dijalankan dengan Flash Lite. Tidak hanya terbatas pada game dan aplikasi, dengan Flash Lite kita juga dapat mempercantik ponsel dengan screensaver-screensaver yang unik dan menarik. Bukan cuma screensaver biasa loh, karena screensaver yang dibuat dengan format flash ini tidak hanya bisa menampilkan gambar bergerak, tapi bisa juga menampilkan informasi yang ada di ponsel seperti jam, tanggal, informasi baterai dan kuat sinyal, dan mungkin juga lainnya.

Aplikasi Flash Lite akan terus berkembang kedepannya. Sampai sekarang saat penulis menulis artikel ini, Flash Lite sudah sampai pada versi 3.0 yang lebih canggih. Apa kecanggihannya? Dari website resmi Adobe pada halaman ini penulis mendapatkan informasi bahwa dengan Flash Lite 3.0, sekarang kita bisa menjalankan beberapa macam content flash pada sebuah halaman web, di ponsel kita. Content yang dimaksud berupa Interface sebuah website dalam format flash, video berformat FLV yang contohnya kita jumpai pada website seperti YouTube dan content-content lainnya yang dibuat dengan Adobe Flash. Jadi bisa tonton video YouTube langsung di ponsel?

Penulis juga belum tahu bisa atau tidak. Gimana kalau kita tanya sama yang sudah punya handset dengan Flash Lite 3.0 ini? ^^. Yang penulis tahu sampai sekarang, Nokia E66 dan E71 sudah memiliki Flash Lite 3.0. Anyway, nggak cuma ponsel baru aja kok yang bisa nikmati content flash ini, ponsel yang ‘nggak terlalu baru’ juga bisa. Walaupun memang dengan versi terdahulu yang belum support web video atau flash content di web.

Nggak cuma ponsel Nokia aja lho yang punya Flash Lite, banyak juga lainnya. Mau tahu apa ponselmu ada aplikasi Flash Lite-nya plus cari tahu versinya sekalian? Silahkan kunjungi halaman ini atau kamu bisa juga kunjungi website developer pembuat ponsel punyamu, karena biasanya lebih detail. Contohnya:

forum.nokia.com - Nokia
developer.sonyericsson.com - Sony Ericsson
developers.samsungmobile.com - Samsung

0 Response to Definisi Flash Lite

Post a Comment